Selamat atas tersusun'y dewan komisaris-direksi NKRI Holding....

728x90 AdSpace

Kolamz Post
Theme images by Colonel. Powered by Blogger.
Wednesday 2 March 2016

Sejarah “Kaki Besi” Kereta Api Bagian IV {Terowongan KA Bawah Tanah}

Apa kabarnya bro...

Ini adalah informasi tambahan ataupun bagi yang ingin lebih memperhatikan jika "Kaki Besi" Kereta Api bukan hanya berjalan di atas tanah semata, akan tetapi telah sampai pada cara-cara "gasir" {siapa tahu nama jenis binatang ini dalam bahasa Indonesia ya...? he2...}, jadi mereka, negara-negara maju selalu giat merawat, mengembangkan moda transportasi massal ini, tidak seperti  {ada} di negara-negara berkembang yang "gengsi"... hehe....

Ya... begitulah, cara berfikir spesies manusia berbeda-beda tergantung dari "peradabannya"nya, sebab itu bagi kita yang masih hidup di negeri ber-bunga, ya... harus belajar mencontoh apa yang difikirkan, dikerjakan oleh mereka-mereka yang peradabannya telah lebih maju, namun tentu yang sesuai dengan koridor, norma ketuhanan yang dipahami.

Oke gan... mari kita mulai gerbong ke-4 dari Sejarah "Kaki Besi" Kereta Api Dunia yang dalam bagian ini, membahas "Terowongan Kereta Api Bawah Tanah yang Pertama di Dunia", termasuk terowongan "kuno" di Indonesia, dipersilahkan untuk menyimak...


London merayakan ulang tahun Tube ke-150, arsip gambar yang menunjukkan pembangunan Underground di abad ke 19.Gambar-gambar yang menakjubkan yang dirilis oleh perusahaan newsreel British Pathe, yang telah menerbitkan galeri foto bertepatan dengan pembukaan bagian pertama dari belakang jaringan di tahun 1863.
Foto-foto menarik menunjukkan pembongkaran rumah dan di jalan-jalan ibukota sebagai lingkungan yang dihancurkan untuk membuat rel kereta api bawah tanah pertama di dunia.

Foto lain dari Ratu mengambil kendali kereta api tabung sambil membuka jalur Victoria pada tahun 1969 dan gambar dari Blitz dan Juli 7/7.

 
 
London Underground merencanakan serangkaian acara untuk merayakan tahun tonggak termasuk serangkaian perjalanan kereta api warisan tambahan menggunakan kereta uap, dua pon koin dan satu set 10 perangko khusus yang dikeluarkan oleh Royal Mail.Walikota London, Boris Johnson menggambarkan jaringan sebagai 'arguably yang terbaik, dan paling ikonik, sistem transportasi bawah tanah di dunia'.Peregangan pertama Tube garis Metropolitan atau Met seperti yang dikenal, dibuka pada 9 Januari 1863 dan merupakan kereta api bawah tanah pertama di dunia.
Pada hari pertama 30.000 orang mengambil perjalanan di Kereta Api Metropolitan antara Paddington dan Farringdon.

Untuk meredam ketakutan setiap penumpang yang punya ketakutan dan kekawatiran tentang perjalanan bawah tanah pemerintah merancang untuk memanfaatkan cahaya alami dan kereta yang menyala terang dengan lampu gas. Peregangan pertama hanya 6 km panjang lebih kecil dibandingkan dengan 408km dari trek yang digunakan saat ini dan melayani antara Uskup Road dan Farringdon Street.

Jalan-jalan digali trek diletakkan di dalam parit dan terowongan bata yang dibangun di sekitar itu sebelum jalan dibangun kembali di hari-hari awal.Menjelang Natal 1868 trayek lain telah dibuka antara Westminster dan South Kensington dan cabang Met asli, yang membentuk apa yang sekarang kita kenal sebagai Circle Line dengan 1884.Sekitar tiga juta penumpang menggunakan Underground setiap hari pada tahun 2013, dengan 275 stasiun operasi di seluruh ibukota.

Sebagai bagian dari perayaan, menjalankan warisan khusus akan berlangsung pada hari Minggu untuk menandai 150 tahun sejak perjalanan Underground pertama dibuat.

Tapi hanya angka keberuntungan dari ticketholders akan dapat naik pada layanan khusus antara Kensington Olympia dan Moorgate karena membawa uap kembali ke garis.

Perjalanan perayaan akan melihat Lokomotif Metropolitan No 1 tarik Metropolitan Railway kereta Jubilee No 353, yang dibangun pada tahun 1892 dan sedang dipulihkan berkat hibah dari Dana Lottery Warisan dan London Transport Museum.Foto-foto menunjukkan Ratu membuka jalur Victoria pada tahun 1969 dan mengambil kontrol dari kereta api di Green Park, berhenti terdekat ke rumahnya Istana Buckingham.


• foto oleh Henry Flather menunjukkan konstruksi, yang dilakukan antara 1866 dan 1870, dari jalur bawah tanah Metropolitan Distrik Kereta Api

 

• mandor pose rumah-rumah dihancurkan, dengan mesin uap powering di latar belakang di Januari 1862

 

• terkenal di London Eros monumen yang dibongkar untuk membuat jalan untuk membangun kerja di London Underground berlangsung pada tahun 1925.

 

Gambar menarik menunjukkan Ratu di kontrol dari kereta api jalur Victoria saat ia membuka garis pada tahun 1969. Gambar adalah bagian dari British Pathe galeri diluncurkan untuk merayakan 150 tahun dari London Underground.

 

•Kunjungan underground Ratu pada tahun 1969 adalah kedua kalinya dia mengalami Tube. Perjalanan pertama datang sebagai 13 tahun pada tahun 1939 dengan Putri Margaret dan pengasuh nya Marion Crawford.

 

•Pekerja membangun jalur Victoria pada tahun 1960. Ini akhirnya dibuka oleh Ratu pada tahun 1969.

 

•Enam kereta api terowongan bawah tanah berjalan di bawah bangunan Pameran Earl pengadilan yang digambarkan sedang dibangun di dekat Stasiun Earl pengadilan pada tahun 1936.

 

• Ratu itu digambarkan naik eskalator di rekaman Pathe British difilmkan di stasiun Green Park pada tahun 1969.

 

•Seperti halnya mengemudi kereta, Ratu adalah fitur bersantai di salah satu gerbong Jalur Victoria dalam film Pathe Inggris dari tahun 1969.


 

• Ratu digambarkan memeriksa mesin baru tiket otomatis pada kunjungannya ke stasiun Green Park untuk membuka jalur Victoria pada tahun 1969


Nah agar kisah "Kaki Besi" Kereta Api Dunia lebih lengkap, kami sajikan juga informasi mengenai "10 Terowongan Terpanjang di Dunia", sebagai berikut:

10 terowongan terpanjang di dunia



Beberapa ahli teknik sipil mendefinisikan terowongan sebagai sebuah tembusan di bawah permukaan yang memiliki panjang minimal 0.1 mil, dan yang lebih pendek dari itu lebih pantas disebut underpass.

Untuk menunjang sarana transportasi di sebuah negara Terowongan sebagai alternatif untuk menyediakan beberapa ruang yang tersedia untuk lalu lintas mobil , kereta api, air dan limbah,bahkan kekuasaan dan jalur komunikasi,yang kelak juga menunjang perekonomian di negara tersebut.Sudah mulai dari ribuan tahun yang lalu,seni membuat terowongan di mulai,hingga sekarang terowongan-terowongan yang sangat panjang saat ini. Dan ini 10 Terowongan terpanjang di Dunia:

1. Metro Madrid L-7 (Madrid-Spanyol)


metro L7 madrid-10 terowongan terpanjang di dunia

Terowongan ini mempunyai tipe metro-rapid transit, dibangun mulai tahun 1974 sampai dengan tahun 2007 dan di oprasikan pada tahun 1974 menghubungkan Pueblo Nuevo dan Las Musas.dan tahun-tahun berikutnya terowongan ini di perpanjang lagi hingga mencapai rute dari Pueblo Nuevo ke Avenida de America.memiliki 7 line dan melayani sembilan kereta api bawah tanah dari Las Musas ke San Fernando. Panjang Terowongan ini sendiri sekitar 32,919 meter.  


2. Lotschberg BaseTunnel (Bernese Alps, Switzerland)


Lotschberg BaseTunnel.      Bernese Alps, Switzerland

Dengan Panjang: 34,577 meter, sebelum Gotthard Base Tunnel selesai dibangun,Terowongan ini adalah yang terpanjang di Swiss.tapi tetap masih yang terpanjang untuk Terowongan di atas tanah.terowongan ini mempunyai tipe Railway (rel kereta).di bangunan pada tahun 2007.


3. Medvedkovo - Novoyasenevskaya (Moskow, Rusia)



Medvedkovo - Novoyasenevskaya      Moskow, Rusia

Dengan mempunyai Panjang: 37,600 meter,pembangunan, pembangunan terowongan ini memakan waktu 32 tahun,antara tahun 1958 sampai tahun1990. Menempatkan Terowongan tertua kedua di dunia sekaligus terowongan kereta cepat (rapid transit) terpanjang kedua dunia. Sampai saat ini, dan memiliki 25 stasiun.


4. Tocho-mae-Shiodome - Hikarigaoka (Tokyo, Jepang)


Tocho-mae-Shiodome - Hikarigaoka       Tokyo, Jepang

Terowongan bawah tanah ini melayani jalur subway di Ibukota Jepang. Dan saat ini sudah berusia 10 tahun, Toei Oedo Line hari ini melayani 38 stasiun dari Tochomae hinggake Hikarigaoka. Memerlukan waktu hampir 9 tahun untuk menyeleseikan terowongan ini,dari dari tahun 1991 sampai tahun 2000.jembatan dengan tipe metro ini Memiliki Panjang sekitar 40,700 meter.


5. Metro Madrid L-12 (metro sur) di Madrid, Spanyol.


Metro Madrid L-12 (metro sur)      Madrid, Spanyol.

Jembatan tipe metro ini mempunyai panjang sekitar 40,900 meter,hanya memerlukan waktu 4 tahun untuk pembangunan terowongan yang panjang ini,di bangunan dari tahun1999 sampai pada tahun 2003.Line-12 menghubungkan lima kota pinggiran dan satu desa kecil di bagian selatan Madrid. Melewati 28 stasiun, Metro Sur (sebutan untuk Line-12).


6. Altufyevo - Bulvar Dmitriya Donskogo(Line-9) di Moskow, Metro, Rusia



Terowongan ini adalah yang terpanjang di Rusia,menangani 25 stasiun di Moskow,memiliki Panjang 41,500 meter. Terowongan yang memiliki tipe rapid transit ini hampir menghabiskan 14tahun pembangunannya,rentang waktu tahun 1983 sampai tahun 2002.sejak dibuka pada tahun 1983 Terowongan ini terus melakukan pengembangan hingga tahun 2002.


7. Seoul Subway Line-5 (Seoul, Korea Selatan)


Seoul Subway Line-5     Seoul, Korea Selatan

Terowongan ini memiliki tipe metro line5 dengan Panjang sekitar 47,600 meter di bangun pada tahun 1995. Yang unik dari terowongan ini adalah penumpang akan merasakan sensasi rute dari Banghwa sampai Sangil-dong tanpa sinar matahari selama perjalanan dan juga akan melewati bawah sungai Han yang legendaris.


8. Channel Tunnel (Inggris – Prancis)



Terowongan Channel adalah sebuah terowongan rel sepanjang 50,5-km di bawah Selat Inggris (tepatnya di Selat Dover) yang menghubungkan Cheriton, Kent di selatan Britania Raya, dan Coquelles, Calais di utara Perancis. Proyek berbiaya besar ini awalnya dimulai dengan beberapa kesalahan, dan akhirnya selesai dibangun pada 1994. Channel merupakan terowongan rel terpanjang ketiga di dunia setelah Terowongan Seikan di Jepang gotthard Swis. Terowongan ini dioperasikan oleh Eurotunnel plc. Terowongan ini adalah yang terpopuler di dunia, ada banyak predikat untuk terowongan yang satu ini. Selain terowongan bawah air terpanjang di dunia, Channel Tunnel juga layak disebut terowongan internasional terpanjang.


9. Seikan Tunnel (Tsugaru Strait Jepang)



Sementara ini, Seikan, Jembatan yang memiliki panjang 53,850 meter ini masih menjadi terowongan terpanjang di dunia (setelah Gotthard Base Swiss yang saat ini belum di operasikan). Sama halnya dengan Channel, terowongan ini juga dibangun di bawah air laut.Terowongan ini melayani melayani rute dari Honshu hingga ke Hokkaido. Di balik kemegahannya, Seikan memakan 34 korban tewas dalam pembangunannya yang disebabkan sulitnya kondisi geologi di bawah Tsugaru Strait.di bangun tahun 1988.


10. Terowongan Gotthard Base (Alps, Switzerland)


     
Terowongan terpanjang yang memiliki jarak 57,104 meter ini rencananya Baru dijadwalkan beroperasi pada tahun 2017. Gotthard Base yang memiliki tipe Railway dan di bangun dari tahun 1996-2010 ini akan melayani rute Erstfeld hingga ke Bodio dengan kereta api. Belum di ketahui ada berapa stasiun yang akan dilaluinya. Namun dipastikan kereta di terowongan ini berkecepatan 250 km/jam, dan menjadi yang terpanjang di Dunia.

Dan rasanya tidak lengkap apabila tidak menyertakan fakta sejarah terowongan "Kaki Besi" Kereta Api yang ada di negeri tercinta Indonesia, berikut informasinya untuk agan, bro and sist....

Di Indonesia, rupanya terdapat terowongan dengan panjang yang luar biasa. Tak banyak orang tahu, bahwa sebenarnya terowongan ini memiliki keistimewaan yang dibangun sejak jaman Belanda. Sayangnya, banyak dari terowongan terpanjang di Indonesia ini tidak lagi tergarap bahkan untuk dijadikan wisata sejarah pun tidak. Berikut rangkuman dari berbagai sumber tentang "10 Terowongan Terpanjang di Indonesia".
 
1. Terowongan Gunung Gajah


 

Terowongan Gunung Gajah ini memiliki panjang 368 meter. Termasuk dalam wilayah DAOP III Sumsel dan terletak antara stasiun Lahat dan stasiun Bunga mas. Terowongan Gunung Gajah ini sebenarnya bernama Willem Synja yang merupakan peninggalan kolonial Belanda. Karena letaknya yang berada di Kelurahan Gunung Gajah, Kecamatan Kota Lahat, maka terowongan ini pun tenar dengan nama Terowongan gunung gajah. Selain lebih ramah bagi telinga pribumi, nama Terowongan gajah lebih mudah dilafalkan.


2. Terowongan Tebing Tinggi 



Terowongan Tebing Tinggi sepanjang 424 meter. Terowongan ini terletak di Talang Banyu Desa Tanjung Kupang, Kecamatan Tebing Tinggi, Sumetara Selatan. Terowongan yang masih aktif ini memiliki panjang sekitar 424 meter. Namun, karena makin tak terawat, terowongan ini temboknya makin rusak parah karena goncangan dan gerusan air hujan.


3. Terowongan Ijo



Terowongan Ijo, terletak di di Rowokele, Kebumen. Terowongan ini dibangun di jaman Belanda pada 1885-1886, dengan sistem kerja paksa terowongan ini sudah menelan banyak jiwa. Memiliki panjang sekitar 580 meter.

Bentuk muka terowongan ini memiliki keunikan yaitu dinding luar yang tidak rata karena dinding luarnya tersusun dari batu kali yang tertata rapi dan kokoh. Ornamen mendatar di atas muka terowongan dibuat khas yaitu bergerigi dengan lekukan setengah lingkaran. Walaupun usia terowongan sudah tua namun konstruksinya masih kokoh. Kondisi alam di sekitar terowongan bernuansa pedesaan bahkan Terowongan Ijo pernah digunakan sebagai lokasi syuting film "Kereta Api Terakhir" dan "Daun di Atas Bantal".


4. Terowongan Kupitan



Terowongan Kupitan berada di wilayah DAOP II Sumbar antara Muarakalaban dan Padang Sibusuak, Terowongan ini memiliki panjang kurang lebih 600 meter.


5. Terowongan Lampegan




Terowongan Lampegan ini terletak di Kecamatan Cibeber, perbatasan Kab. Cianjur dan Kab. Sukabumi. Pada tanggal 8 Februari 2001, terowongan ini runtuh, namun saat ini terowongan yang memiliki panjang sekitar 687 meter ini telah direnovasi.

Antara tahun 1881 sampai 1884, perusahaan Staatspoorwegen Westerlijnen menyelesaikan pembangunan jalur lintasan kereta api mulai dari Bogor melalui Sukabumi sampai Bandung dan Cicalengka sepanjang 184 kilometer. Jalur kereta ini mencapai Bandung pada tanggal 17 Mei 1884 dan peresmian stasiunnya dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 1884.

Pada lintasan Sukabumi-Cianjur sepanjang 39 kilometer terdapat sebuah terowongan yang dibuat dengan membobol badan Bukit Kancana (ada juga yang menyebutkan Gunung Keneng) di Desa Cibokor. Panjang terowongan ini 415 meter. Terowongan ini adalah yang pertama dibuat di wilayah Priangan. Baru pada tahun 1902 dibuat terowongan lain di Sasaksaat pada lintasan Batavia-Bandung via Cikampek, dan 3 buahterowongan di Ciamis selatan dibangun tahun 1918.

Konon saat peresmian terowongan ini, diundanglah ronggeng terkenal waktu itu, Nyi Sadea. Usai pertunjukan, seseorang mengajak Nyi Sadea pergi namun tak pernah kembali lagi. Masyarakat kemudian hanya memercayai dongengan bahwa Nyi Sadea telah “diperistri” oleh “penghuni” terowongan tersebut.

Ada juga spekulasi mengenai asal nama Lampegan. Ada yang mengatakan berasal dari ucapan Van Beckman, “lamp pegang, lamp pegang…” (pegang lampunya..), saat memantau para pekerjanya yang sedang membobol bagian dalam terowongan yang tentunya gelap gulita. Ada juga yang mengatakan kata itu berasal dari masinis kereta api di masa lampau yang selalu meneriakkan “Lampen aan! Lampen aan!” saat kereta melewati terowongan itu. Maksudnya, masinis memerintahkan agar para pegawainya menyalakan lampu.

Memang beredar berbagai variasi cerita tentang asal-muasal kata “lampegan” dengan dongengan yang melibatkan perkataan-perkataan Van Beckman yang lalu berubah menjadi nama “lampegan”. Dari cerita-cerita yang beredar itu ternyata tak ada yang mencoba memeriksa kamus bahasa Sunda, padahal dalam kamus bahasa Sunda terdapat kata “lampegan” yang diterangkan sebagai ” nama sejenis tumbuh-tumbuhan kecil”.


6. Terowongan Mrawan



Terowongan Mrawan terletak disebelah Barat Stasiun Mrawan, Kalibaru, Banyuwangi. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 690 meter dan dibangun pada tahun 1901.

7. Terowongan Eka Bakti Karya (760 m)



 

Terowongan Eka Bakti Karya (760 m) ini terletak di Sumberpucung, malang. Lima kilometer setelah stasiun Sumberpucung. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 760 meter dan juga terdapat terowongan Dwi Bhakti Karya dengan panjang 400 meter. Disebelah terowongan ini terdapat Bendungan Ir. Sutami.


8. Terowongan Sawahlunto




Terowongan Sawahlunto terletak di antara stasiun Muara Kalaban dan Sawahlunto, Sumatera Barat. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 827 meter dan dikenal juga dengan sebutan Lubang Kalam.


9. Terowongan Sasaksaat





Terowongan Sasaksaat merupakan terowongan jalur kereta api yang dibangun oleh SS (Staatsspoorwagen) antara tahun 1902-1903. Bangunan Hikmat 503 ini berada di jalur antara Purwakarta dan Padalarang di Km 143 + 144 antara Stasiun Sasaksaat dan Stasiun Maswati, membelah perbukitan Cidepong di Kampung Sasaksaat Desa Sumurbandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Didalam terowongan sepanjang 949 m ini terdapat 35 sleko terdiri dari 17 kiri dan 18 kanan dari arah Stasiun Sasaksaat. Terowongan yang terletak di Daerah Operasi II Bandung merupakan terowongan kereta api yang padat lalu lintas, setiap harinya ada 44 Kereta api yang melintas secara reguler. Jalur yang lengkung ketika akan memasuki terowongan baik dari arah Stasiun Sasaksaat dan stasiun Maswati sedikit membahayakan. Karena itu, jalan relnya diberi rel paksa (gongsol). Banyaknya Kereta Api yang melintas memerlukan penjagaan khusus di terowongan sehingga di kedua ujung terowongan terdapat gardu jaga untuk JPTw (Juru Periksa Terowongan).


Terowongan Sasaksaat tempo dulu ketika dalam proses pembangunan oleh pemerintahan hindia belanda  
Terowongan Sasaksaat tempo dulu ketika dalam proses pembangunan oleh pemerintahan Hindia Belanda Foto: willylandscape
Terowongan yang pernah disebut goa oleh penduduk Kampung Cipicung, Desa Sumurbandung, Kabupaten Bandung, ini memunculkan nuansa mistis karena setiap tanggal 17 Agustus selalu diberi sesajen berupa seekor domba. Menurut keyakinan penduduk, tumbal sesajen itu untuk menolak bala.

Dari kisah dan cerita yang beredar, terowongan sepanjang 950 m dengan dinding tebal mirip benteng perang itu sudah memakan banyak korban. Tapi bukan karena kecelakaan kereta, melainkan pekerja yang membangun terowongan itu antara tahun 1902-1903. Banyak pekerja yang tewas lantaran tidak tahan siksaan kerja rodi dan banyak pula yang sakit. Konon, jenazah mereka dikuburkan di sekitar terowongan tersebut.

Meski mistis, terowongan ini dibangun dengan ketelitian yang tinggi, karena tingkat kesulitan tanah perbukitan di daerah tersebut. Paling tidak ada hitungan kemiringan dan kelokan 16-25 derajat, juga ada sedikit menanjak, sehingga terowongan beton ini bisa dibangun sesuai bentuk bukit-bukit di daerah itu. Jadi, jangan melihat mistisnya saja, tetapi perhatikan juga bahwa di masa lebih dari 100 tahun lalu, Belanda sudah membangun dengan cara canggih.

 

10. Terowongan Wilhelmina/Terowongan Sumber


 
Terowongan Wilhelmina/Terowongan Sumber dibangun pada zaman penjajahan Belanda dan diresmikan pada tanggal 1 Juni 1921. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 1208 meter. Terowongan Kereta Api yang dulu menghubungkan Banjar-Cijulang, kini keberadaanya sungguh memprihatinkan, dengan rel yang hilang dan muka terowongan yang tak terurus, dirambati akar-akar tanaman semak belukar, semakin menghilangkan pamor dari sejarah maupun aset wisata dari terowongan terpanjang di Indonesia ini. 

Demikianlah terowongan-terowongan “Kaki Besi" Kereta Api Dunia yang pernah ada, dan tentu ini merupakan sebuah ciri khas dari sebuah moda transportasi darat, yakni deretan botol besi {gerbong} yang berjalan tak ubahnya seperti binatang melata, 'ular raksasa'.

Sebab itu pantas saja, bagi negara-negara maju, Kereta Api selalu berevolusi mengikuti perkembangan teknologi, sehingga di abad mendatang bukan tidak mungkin suatu saat bakal ada KA dengan teknologi baru yang lebih canggih, membelah lautan hingga menyelam di kedalaman samudera untuk menghubungkan antar pulau, antar benua... 



Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para netizen sekalian. 


Bersambung....



Salam hangat


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

  1. Selens seren ..... hidup it sbuah pilihan, jalan sja yg kdang berliku sbb it sll ingat & focus akn tujuan awal....

    Trims ats kunjungan and commeny.

    Salam hangat
    http://kolamzusu.blogspot.com

    ReplyDelete

Item Reviewed: Sejarah “Kaki Besi” Kereta Api Bagian IV {Terowongan KA Bawah Tanah} Rating: 5 Reviewed By: widjaja
×
Judul