Selamat atas tersusun'y dewan komisaris-direksi NKRI Holding....

728x90 AdSpace

Kolamz Post
Theme images by Colonel. Powered by Blogger.
Saturday 8 December 2012

Hidup Sehat dengan Protein Murah

Ternyata untuk memulai hidup sehat tidak harus mahal, benar juga pesan dari rekan Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) yang dulu sempat berteman akrab di kampung halaman. Ya...dulu saya ada beberapa rekan dari Sekolah Perawat Kesehatan (SPK), waktu itu saya masih usia anak-anak dan mereka adalah anak-anak Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Purwokerto yang sedang  mengikuti masa Kuliah Kerja Nyata atau istilahnya KKN di desa saya sekitar tahun 1980an, (KKN keren bro...) salam kangen untuk Mas Badrun di RS Margono Purwokerto serta salam untuk semua rekan seangkatan dan seperjuangannya, sukses selalu... 

Berikut ini beberapa sumber protein yang menyehatkan sekaligus murah yang sering kita temui disekitar kita, dan selalu di anggap sepele, inilah  salah satu daftarnya: 

1. Telur 
Satu buah telur memiliki kandungan protein sekitar 6gr, dan sekitar 3,4 gr berada di putihnya, dan sisanya berada di kuning telur yang kebanyakan para bodybuilder menghindarinya karena juga memiliki kandungan lemak dan kolestrol meskipun tidak terlalu berarti. 

2. Ceker Ayam 
Kandungan zat kolagen (chicken collagen extract) pada ceker ayam sifatnya kurang lebih sama dengan obat antihipertensi golongan ACE-inhibitor. Kolagen yang terkandung di makanan yang tidak mahal ini mampu menstabilkan tekanan darah. per 100gr, kandungan protein ceker sekitar 19gr, not bad eh? rasanya juga enak. 

3. Tempe 
Per 100gr, superfood ini hanya memiliki 200kalori, dan memiliki 19gram protein siap cerna, karena sifat bakteri baik hasil fermentasi, tempe adalah salah satu makanan tersehat di dunia. 

4. Tahu 
Saudaranya tempe, juga murah, dan bernutrisi cukup padat, per 100gr tahu hanya memiliki 76 kalori dan protein mencapai 8.1gr. 

5. Serangga 
Ini adalah pilihan ekstrim jika anda juga merasa semua yang saya tawarkan terlalu biasa dan anda hanya ingin memikirkan untuk memakan binatang secara utuh. Menurut penelitian salah satu dosen IPB jurusan Teknologi Pangan dan Gizi, dalam belalang dan jangkrik terkandung Lemak 10-15 % Lemak dan protein 40-60 % per 100gr. Kandungan protein ini dua kali lipat lebih besar dari kandungan protein kedelai segar atau lebih dari tiga kali lipat kandungan protein daging ayam dan sapi. berarti kandungan proteinnya sekitar 40-60gr per 100gr serangga. Mau? setoples paling 20-30ribuan. 

Demikianlah salah satu cara hidup sehat yang mesti kita perhatikan, agar kualitas hidup kita semakin sehat dengan tidak mengikuti gaya hidup yang belum tentu cocok dengan iklim dan geografis negara kita, semoga lebih bermanfaat, 

Salam hangat... 


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Hidup Sehat dengan Protein Murah Rating: 5 Reviewed By: widjaja
×
Judul