Selamat atas tersusun'y dewan komisaris-direksi NKRI Holding....

728x90 AdSpace

Kolamz Post
Theme images by Colonel. Powered by Blogger.
Wednesday 13 February 2013

Beberapa Keistimewaan Wanita dalam Islam

Berikut ini akan saya sarikan beberapa keistimewaan wanita dalam ajaran Agama Islam, yang sudah kita tahu bahwa dalam Kitab Suci Al Quran sendiri, Tuhan telah menyediakan secara khusus surat yang membahas mengenai wanita, yaitu Surat An Nisaa' yang terdiri dari 176 ayat itu, adalah surat Madaniyyah yang terpanjang sesudah surat Al Baqarah. Dinamakan An Nisaa' karena dalam surat ini banyak dibicarakan hal-hal yang berhubungan dengan wanita serta merupakan surat yang paling membicarakan hal itu dibanding dengan surat-surat yang lain. Surat yang lain banyak juga yang membicarakan tentang hal wanita ialah surat Ath Thalaq. Dalam hubungan ini, biasa disebut surat An Nisaa' dengan sebutan: Surat An Nisaa' Al Kubraa (surat An Nisaa' yang besar), sedang surat Ath Thalaq disebut dengan sebutan: Surat An Nisaa' Ash Shughraa (surat An Nisaa' yang kecil).

Inilah beberapa uraian ringkas mengenai "keluhan" yang mengada-ada, dan keistimewaan sesungguhnya dari kaum "Hawa" makhluk terkasih yang diciptaan oleh Tuhan untuk menemani Nabi Adam A.S yang pada waktu masih dalam kesendirian dalam Taman Syurga. 
 
Kaum feminis bilang susah menjadi wanita, lihat saja peraturan dibawah ini
  1. Wanita auratnya lebih susah dijaga (lebih banyak) dibanding lelaki. 
  2. Wanita perlu meminta izin dari suaminya apabila mau keluar rumah tetapi tidak sebaliknya. 
  3. Wanita saksinya (apabila menjadi saksi) kurang berbanding lelaki.  
  4. Wanita menerima warisan lebih sedikit daripada lelaki. 
  5. Wanita perlu menghadapi kesusahan mengandung dan melahirkan anak. 
  6. Wanita wajib taat kepada suaminya, sementara suami tak perlu taat pada isterinya. 
  7. Talak terletak di tangan suami dan bukan isteri. 
  8. Wanita kurang dalam beribadat karena adanya masalah haid dan nifas yang tak ada pada lelaki. 

 Itu sebabnya mereka tidak henti-hentinya berpromosi untuk ”Memerdekakan Wanita“.

Pernahkah kita lihat yang ada sebaliknya (kenyataannya) wanita dalam islam? 
  1. Benda yang mahal harganya akan dijaga dan dibelai serta disimpan ditempat yang teraman dan terbaik. Sudah pasti intan permata tidak akan dibiarkan terserak bukan? Itulah bandingkan dengan seorang wanita. 
  2. Wanita perlu taat kepada suami, tetapi tahukah bahwa lelaki wajib taat kepada Ibunya 3 kali lebih utama daripada kepada Bapaknya? 
  3. Seorang wanita tidak wajib untuk mencari nafkah dalam sebuah keluarga, dan apabila seorang diri, dia masih berhak mendapatkan haknya atas anak-anaknya.
  4. Wanita menerima warisan lebih sedikit daripada lelaki, tetapi tahukah bahwa harta itu menjadi milik pribadinya dan tidak perlu diserahkan kepada suaminya, sementara apabila lelaki menerima warisan, ia perlu/wajib juga menggunakan hartanya untuk isteri dan anak-anak. 
  5. Wanita perlu bersusah payah mengandung dan melahirkan anak, tetapi tahukah bahwa setiap saat dia di do'akan oleh segala makhluk, malaikat dan seluruh makhluk ALLAH SWT di muka bumi ini, dan tahukah jika ia mati karena melahirkan adalah syahid dan surga menantinya. 
  6. Di akhirat kelak, seorang lelaki akan dipertanggungjawabkan terhadap 4 (empat) wanita, yaitu : isterinya, Ibunya, anak perempuannya dan saudara perempuannya. Artinya, bagi seorang wanita tanggungjawabnya hanya terhadapnya dan saudara lelakinya. 
  7. Seorang wanita boleh memasuki pintu syurga melalui pintu surga yang mana saja yang disukainya, cukup dengan 4 (empat) syarat saja, yaitu : sembahyang 5 (lima) waktu, puasa di bulan Ramadhan, taat kepada suaminya dan menjaga kehormatannya. 
  8. Seorang lelaki wajib berjihad fisabilillah, sementara bagi wanita jika taat akan suaminya, serta menunaikan tanggungjawabnya kepada ALLAH SWT, maka ia akan turut menerima pahala setara seperti pahala seorang lelaki yang pergi berjihad fisabilillah tanpa perlu mengangkat senjata. 

Masya ALLAH ! Demikian sayangnya ALLAH SWT pada wanita… seperti apa yang sudah tertulis pada firman-firmanNya, bahwa 'mereka' tidak akan pernah berhenti melakukan segala upaya, sampai kita ikut/tunduk kepada cara-cara/peraturan buatan mereka. (emansipasi ala western) Yakinlah, bahwa sebagai Dzat yang Maha Pencipta, yang menciptakan kita, maka sudah pasti Dialah Yang Maha Tahu akan manusia, sehingga segala hukumnya/peraturannya, adalah YANG TERBAIK bagi manusia itu sendiri, dibandingkan dengan segala peraturan/hukum buatan manusia. Oleh karena itu jagalah isterimu karena dia perhiasan, pakaian dan ladangmu, sebagaimana Rasulullah pernah mengajarkan agar kita (kaum lelaki) surga menantimu berbuat baik selalu (gently) terhadap isterimu. 

Adalah sabda Rasulullah bahwa ketika kita memiliki dua atau lebih anak perempuan, mampu menjaga dan mengantarkannya menjadi muslimah yang baik, maka surga adalah jaminannya. (untuk anak laki-laki berlaku kaidah yang berbeda). 

Berbahagialah wahai para muslimah. Jangan risau hanya untuk apresiasi absurd dan semu di dunia ini. Tunaikan dan tegakkan kewajiban agamamu, niscaya Surga Menantimu 

Sekiranya kita secara individu senantiasa mencoba menerapkan sedikit demi sedikit dari ajaran Agama yang telah tertulis seperti telah diuraikan diatas, maka bisa dikatakan kehidupan pada alam modern saat ini tidak mengalami degradasi moral seperti sekarang ini, yang sudah menyentuh pada titik terendah (nadir) dari sebuah peradaban manusia yang selalu dikatakan sebagai era kemajuan"millenium" 

Efek nyata yang lain yang patut menjadi renungan kita bersama adalah pola hidup dari masarakat modern seperti sekarang ini yang selalu mengedepankan hal-hal yang praktis dan mudah (instant) dilaksanakan tanpa melihat efek negatif yang ditimbulkan, dan permasalahan yang lebih berbahaya lagi adalah pola perilaku masyarakat kita yang sebagian telah tidak mengendapankan tata susila dan kesopanan sebagai budaya timur, apalagi bagi penganut Agama Islam (masih banyak dari umat Islam yang lebih senang mencari hiburan ditempat-tempat kaum "imperialis" walaupun pada kenyataanya kita masih mempunyai ketauhidan Islam). Contoh mudah dan sangat sederhana, dan sering dianggap "sepele" yang pertama adalah dengan hanya mengikuti "tren" mode busana, cara mengkonsumsi tren-tren busana tersebut yang senantiasa berubah dari hari ke hari merupakan salah satu bentuk paling mudah dalam mengubah pola dan kebiasaan hidup seseorang, yang sebenarnya belum tentu kita tahu, mau dibawa kemana sebenarnya "tren mode" busana tersebut.

Semoga tulisan yang sangat ringkas ini dapat menginspirasi kita bersama...
Semoga bermanfaat.

Salam hangat.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Beberapa Keistimewaan Wanita dalam Islam Rating: 5 Reviewed By: widjaja
×
Judul