Selamat atas tersusun'y dewan komisaris-direksi NKRI Holding....

728x90 AdSpace

Kolamz Post
Theme images by Colonel. Powered by Blogger.
Saturday 3 August 2013

Tips Mudik Aman dan Nyaman Sampai Tujuan

Bagi para mudiker...

Selamat Lebaran ya... juga buat agan and bro semua...

Inilah postingan singkat dari admin kami dalam menyambut hari raya nan fitri 1434 H di kampuang halaman.

Hari Raya Idul Fitri sudah diambang pintu. Aktivitas masyarakat di kota pun terlihat berkurang. Jalan-jalan mulai lengang. Para pekerja sudah berancang-ancang mengambil cuti panjang. Tiket-tiket sudah habis dipesan. Semua demi satu tujuan, berkumpul bersama keluarga di hari raya.

Mudik atau pulang kampung bukan suatu beban berat bagi yang kebetulan kampung halamannya bisa ditempuh dalam hitungan jam, namun bagi yang harus menempuh perjalanan seharian atau bahkan berhari-hari apalagi dengan membawa kendaraan pribadi, acara mudik harus dipersiapkan benar-benar, terutama kondisi fisik. 

Nah, apakah a nda sudah melakukan persiapan mudik? Agar mudik terasa nyaman dan lancar, ada baiknya anda memperhatikan beberapa tips yang kolamzusu persembahkan untuk anda. Semoga setelah membaca beberapa tips mudik yang bukan hanya akan membuat aman dan nyaman tetapi juga hemat, mudik anda jadi terasa menyenangkan.
Hal ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman selama perjalanan. Yang tak kalah pentingnya adalah kondisi kendaraan, pastikan jauh-jauh hari bahwa kendaraan yang akan dipakai sudah siap ‘tempur’. 

Berikut 10 tips mudik bagi anda yang hendak bersilahturahmi kepada keluarga di kampung halaman: 

1. Pilih waktu mudik yang tepat
Saat sudah berencana untuk mudik, sebaiknya pilih waktu yang tepat. Jika anda mudik menggunakan transportasi umum, pesan tiket keberangkatan dan kepulangan jauh-jauh hari sebelumnya. Hal tersebut dilakukan agar anda tidak kehabisan tiket dan mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah.

Selain itu agar anda lebih bisa memilih sarana transportasi yang nyaman selama perjalanan. Nah, kalau anda akan melakukan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya cek keamanan kendaraan jauh-jauh hari. Periksakan ke bengkel untuk service dan mengecek bagian terkecilnya. Agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan saat anda mudik nanti.

2. Atur anggaran biaya dengan cermat
Buat daftar anggaran biaya yang harus anda keluarkan dengan baik. Contoh seperti budget tiket pulang-pergi atau budget bensin, oleh-oleh, angpao dan yang lainnya. Agar tidak bingung dan berakhir dengan uang yang habis tanpa alasan yang jelas. Yang terpenting, jangan memaksakan kebutuhan yang tidak bisa anda penuhi. Hindari berhutang saat akan mudik hanya dengan alasan agar memiliki uang cadangan.

Percaya atau tidak, uang anda akan tetap habis meskipun anda sudah mengukuhkan niat hanya akan menggunakan uang cadangan tersebut untuk keperluan mendesak.

3. Jangan membawa terlalu banyak barang
Hal tersebut akan merepotkan saat melakukan perjalanan, kecuali jika anda membawa mobil pribadi. Meski begitu tetap saja, sebaiknya membawa barang secukupnya. Anda dapat mengirim sebagian barang melalui jasa pengiriman kilat jika memang terkondisikan untuk membawa barang-barang yang cukup banyak, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membayar jasa pengangkut barang atau porter.

4. Pelajari rute mudik yang efektif
Bagi anda yang akan melakukan mudik dengan kendaraan pribadi. Sebaiknya pelajari terlebih dahulu rute perjalanan mudik yang efektif. Agar anda tidak berakhir dengan perjalanan panjang dan berputar-putar. Hal tersebut bisa menghemat bensin tentunya.

5. Siapkan kondisi fisik
Terlalu heboh mempersiapkan mudik, jangan sampai membuat kondisi kesehatan anda jadi menurun saat hari H keberangkatan. Tidak hanya kendaraan yang perlu disiapkan, kondisi badan anda juga perlu mendapat perhatian. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima.

Pastikan anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat. Dianjurkan agar anda beristirahat setiap empat jam.Siapkan plastik, obat anti mabuk perjalanan, minyak angin, beberapa permen asam dan obat khusus yang sesuai dengan anda. Membeli dalam perjalanan apalagi di tempat-tempat persinggahan, anda akan mendapatkan harga yang lebih mahal Ladies.

6. Berdoa dan tetap memberi kabar
Terakhir yang tidak boleh dilupakan, jangan pernah lupa sebelum melakukan mudik atau sebuah perjalanan. Selain itu, kabari terus keluarga dan beritahu kondisi serta letak di mana anda berada saat itu. Agar keberadaan anda bisa terus terpantau dengan baik.

Nah, Ladies and Genleman segera lakukan hal-hal yang harus dilakukan demi mendapatkan mudik yang nyaman dan menyenangkan. Perhatikan point-point yang sudah kolamzusu berikan kepada anda ya. Dijamin mudik anda akan menyenangkan dan nyaman serta aman. Selamat mempersiapkan mudik ya Ladies, jangan lupa untuk hati-hati selama perjalanan.

7. Daftar barang bawaan 
Beberapa hari sebelum berangkat, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa. Lakukanlah ini sebelum anda mulai beberes. Daftar barang bawaan akan meminimalisasi kemungkinan lupa. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting. 

8. Cek kondisi kendaraan 
Kendaraan adalah tulang punggung perjalanan anda. Oleh karena itu, pastikan kendaraan anda apakah mobil atau motor siap digunakan untuk perjalanan jauh. Sangat direkomendasikan untuk membawa kendaraan anda ke bengkel resmi guna diperiksa secara menyeluruh. 

9. Cek perlengkapan kendaraan 
Pastikan seluruh peralatan tambahan pada kendaraan anda tersedia. Jangan sampai jika terjadi keadaan darurat anda tidak menemukan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan lain-lain di dalam kendaraan. 

10. Bawalah sparepart cadangan 
Jangan abaikan soal yang satu ini. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan panjang. Pastikan busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan sejumlah sparepart cadangan lainnya ada di dalam kendaraan anda. 

11. Kotak P3K 
Periksa kembali kelengkapan isi kotak P3K anda. Minyak angin, rheumason, betadine, dan obat sakit kepala adalah beberapa hal yang harus ada di dalam kotak pertolongan pertama itu. Periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah kedaluwarsa atau tidak. anda juga bisa menambahkan dengan obat-obatan lain. 

12. Hiburan 
Macet adalah rintangan utama yang tidak mungkin anda hindari dalam perjalanan mudik. Ada baiknya anda mempertimbangkan untuk membawa barang-barang yang sekiranya dapat menghibur anda dari kebosanan. Koleksi kaset, CD, MP3 atau buku biasanya jadi teman setia dalam perjalanan. 

13. Peta 
Banyak perusahaan jasa atau institusi swasta menyediakan peta jalur mudik. Carilah informasi di mana anda bisa mendapatkan peta itu. Biasanya, peta-peta yang dibuat khusus untuk mudik memuat sejumlah informasi yang dibutuhkan, seperti pom bensin, bengkel, posko Lebaran, dan kondisi jalan. Anda bisa mendapatkan peta mudik disini.

14. Layanan gratis otomotif 
Perusahaan otomotif biasanya membuka posko layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik. Mereka juga biasanya menyediakan satu nomor darurat yang bisa dihubungi jika anda mendapat masalah dengan kendaran anda. Carilah informasi di manakah posko-posko itu berada. 

15. Baterai dan pulsa 
Perangkat teknologi seperti telepon seluler dan gadget pintar kini tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler anda dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon anda tidak bisa digunakan, siapkan charger serta baterai cadangan bila perlu. 

Tips-tips diatas mungkin dapat menambah pengetahuan anda ketika mudik nanti, namun yang paling penting adalah “PATUHI PERATURAN LALU LINTAS dan PETUGAS yang mengatur di jalan raya...

Selamat mudik, selamat ber-Lebaran ditempat tujuan...!! 


Salam hangat.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Tips Mudik Aman dan Nyaman Sampai Tujuan Rating: 5 Reviewed By: widjaja
×
Judul