Selamat atas tersusun'y dewan komisaris-direksi NKRI Holding....

728x90 AdSpace

Kolamz Post
Theme images by Colonel. Powered by Blogger.
Thursday 14 January 2016

Seputar Penyakit Jantung dan Ramuan Obat Tradisional

Salam Sejahtera para Blogger...

Masih ingatkah, seberapa sering anda mengungkapkan kalimat penuh "romantis" ini kepada pasangannya…

Jantung Hati… Belahan Jiiwa…

Itulah topic yang kami persembahkan untuk “para” blogger, para agan, bro and sist… cucu-cicit dari Mbah “Google” kali ini…

Namun Jantung Hati… Belahan Jiiwa… kali ini, agan, bro and sist harus benar-benar mewaspadainya serta berhati-hati dalam menyikapinya.

Sebab… sehubungan dengan topic bahasan kali ini, kata "Jantung Hati… Belahan Jiiwa…" bukanlah sekedar kata romantika kehidupan semata akan tetapi telah sampai pada sebuah titik, dimana salah satu organ makhluk hidup ini merupakan "nadi" kehidupan dari insan ciptaan Sang Khalik Yang Esa...

Ya betul... jika berbicara mengenai organ tubuh yang satu ini tentu tidak lepas dari beberapa problem jantung [hati], karena pada kenyataannya penyakit jantung memang menjadi momok menakutkan bagi setiap orang.

Banyak yang mengalami depresi setelah dokter memvonis mengidap penyakit tersebut. Dan benar hingga saat ini belum ada pengobatan yang mampu menyembuhkannya, selain cangkok jantung. Namun anda tidak boleh berkecil hati dan pesimis, pasalnya masih ada cara mengatasi penyakit jantung dengan metode tradisional, asalkan rajin dan mengetahui sedari awal penyebabnya, gejalanya serta dengan secara intens menggali informasi dari berbagai sumber yang ada.

Sebab dengan cara menggali informasi dari berbagai sumber secara intens akan memberikan gambaran perkembangan sesuatu hal yang terjadi dari awal hingga kekinian, sehingga tidak terjadi insiden ketinggalan “Kereta” (Api).

Oke gan… mari kita mulai...

Penyebab Umum Serangan Jantung

Organ jantung merupakan salah satu "raja" dari tubuh, mengingat fungsinya yang sangat penting dalam metabolisme tubuh yaitu sebagai "pemompa" darah ke seluruh jaringan tubuh dan penyaring darah.

Dan telah diketahui bersama bahwa, penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor wahid di dunia [fana] ini, hal ini terbukti dengan banyak rumah sakit "khusus" jantung.

Bila anda mengalami gangguan jantung seperti jantung berdebar, lemah jantung dll, selalu gunakanlah cara pengobatan herbal alami tradisional dahulu, baik sebagai terapi pengobatan atau pencegahan.



                                                      Sumber gambar: tapgenes.com 

Serangan jantung merupakan sebuah kondisi dimana bagian otot jantung mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan pasokan darah ke bagian otot tersebut berkurang secara tiba-tiba. Ini terjadi karena salah satu nadi koroner mengencang, atau juga dapat disebabkan darah yang menggumpal. Otot jantung bisa rusak secara permanen, bahkan mati jika suplai darah ke jantung sangat minim. Serangan jantung dapat dialami oleh siapa saja, karena terkait pola hidup seseorang. Bahaya penyakit jantung adalah kematian secara mendadak.




Tumpukan asam lemak dan sel darah putih di dinding arteri koroner yang mensuplay darah ke jantung disebut sebagai plak aterosklerotik. Ketika plak ini pecah, membentuk banyak gumpalan darah yang beku, jika ini menutup arteri, dapat menyebabkan serangan jantung.

Gejala paling sering akibat serangan penyakit jantung:
1.      Dada mengalami nyeri secara terus-menerus, dan sangat sakit
2.      Rahang dan lengan terasa nyeri

Keadaan seperti itu berbahaya sekali, karena jantung hanya dapat bertahan sekitar 20 menit.

Langkah awal mengobati serangan jantung

Anda perlu memulai dengan gaya hidup sehat, agar terhindar dari serangan jantung. Mulailah dengan berolah-raga, mengkonsumsi makanan sehat, dan hindari depresi. Pilihlah makanan yang rendah lemak agar tidak ada selulit di perut. Kacang-kacangan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, dan mengurangi peradangan. Strawberry juga punya mengandung zat anti-peradangan. Pilihan olah-raga yang bagus adalah jalan kaki selama 30 menit per hari. Ini dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung sebesar 30%.

Dan bersamaan dengan itu, para ahli berpendapat bahwa antioksidan mampu mereduksi resiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Penggunaan antioksidan alami saat mereduksi ini dianggap lebih aman karena antioksidan alami diperoleh dari ekstrak tanaman. Antioksidan alami yang terdapat pada tanaman antara lain kelompok flavonoid berupa senyawa polifenol.

Banyak kekayaan flora (termasuk tentu tanaman obat tradisional) yang telah ada dan tumbuh “subur” bumi Nusantara memiliki beberapa khasiat bagi pengobatan, seperti halnya daun "sukun" telah di teliti oleh pusat penelitian kimia LIPI yang berkerjasama dengan ahli riset lain yang menyatakan bahwa ekstrak daun "sukun" memiliki manfaat dan khasiat sebagai obat herbal alami untuk organ jantung dan pembuluh darah. Ekstrak daun “sukun” bisa mengisolasi senyawa artocarpanone yang berguna sebagai obat pengurang rasa sakit.

Dan salah satu referensi Buku “Tanaman Obat Indonesia” disebutkan juga bahwa kandungan Bawang Tiwai atau Bawang Berlian (bawang dayak) meliputi :Polifenol, Tanin, Alkaloid, Saponin, Triterpenoid, Stroid, GlIkosida, Fenolik dan Flavonoid (kandungan senyawa lainnya masih dalam penelitian).


Kandungan naphtoquinones dalam Bawang Berlian (Bawang Dayak) dikenal sebagai antimikroba, antifungal, antivirial, dan antiparasitik. Selain itu, naphtoquinones memiliki bioaktivitas sebagai antikanker dan antioksidan.

Namun demikian, walaupun sudah sejak lama Bawang Berlian (Bawang Dayak) dimanfaatkan sebagai obat aneka penyakit oleh masyarakat lokal di pulau Kalimantan. Namun demikian, studi mengenai manfaat bawang berlian (bawang dayak) untuk kesehatan masih belum banyak dilakukan. Salah satunya bawang berlian (bawang dayak) untuk obat hipertensi dan diabetes, menurut Prof. Dr. Sidik, Apt (Guru Besar Emiritus Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran) Bawang Berlian (Bawang Dayak) mengandung alisin. Senyawa inilah yang bermanfaat menurunkan tekanan darah dan menurunkan kekentalan darah.

Nah untuk melengkapi uraian diatas, dibawah ini penjelasan mengenai berbagai cara alami dalam mengobati penyakit jantung secara “traditional”, sebagai berikut...

1.      Menggunakan daun sukun
Daun sukun mengandung sitosterol dan flavonoid yang membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan jantung. 


Siapkan bahan ini:
a)      1 lembar daun sukun
b)      1,5 liter air.
 
Cara pembuatan dan konsumsinya:
·         Cucilah hingga bersih selembar daun sukun.
·         Jemurlah di bawah terik matahari hingga kering benar.
·         Robek robeklah agar menjadi potongan kecil.
·         Rebuslah dengan air yang telah di siapkan sebanyak 1 liter dulu sampai mendidih dan air tersisa separo.
·         Lansung tambahkan 0,5 liter air sisanya sampai mendidih.
·         Angkat dan saring airnya.
·         Minumlah obat herbal alami untuk jantung itu sehari 2 kali, pagi~sore secara rutin agar berasa resiko penyembuhannya.

2.      Menggunakan daun sirih merah


Siapkanlah bahan ini:
a.       4 lembar daun sirih merah segar ukuran besar.
b.       4 gelas air (800 ml).

Cara membuat ramuannya:
·         Bersihin daun sirihnya dan potong kecil kecil.
·         Rebuslah dengan 4 gelas air dengan api sedang.
·         Matikan api bila sudah mendidih dan air tersisa 2 gelas.
·         Saring dan dinginkan.
·         Minumlah pagi dan sore/malam.
·         Agar maksimal khasiatnya, di minum sebelum makan ya…

3.      Menggunakan daun sirih (sinergis)


Sediakan bahannya yiatu:
a)      4 lembar daun sirih.
b)      2 genggam daun asam (30 gram)
c)      2 buah belimbinh sayur ukuran sedang
d)     4 lembar daun gingseng.
e)      3 gram umbi dea kering.
f)       3 gelas air (600 ml).

Cara bikin obat herbal alami penyakit jantung dan cara konsumsinya:
·         Cucilah semua bahan dengan air hingga bersih banget.
·         Potong/iris kecil2.
·         Rebuslah bahan tersebut hingga mendidih dan air tinggal separonya.
·         Saring airnya dan dinginkan.
·         Minumlah 3 kali sehari selagi masih hangat.
·         Bisa di campurkan madu asli agar tidak terlalu pahit.

4.      Ubi jalar dan Wortel



Zat fotinutrien yang terdapat dalam Ubi jalar membantu sistem peredaran dalam tubuh dan sel-sel tubuh yang rusak. Zat ini juga efektif untuk melawan serangan jantung.

Bahan:
3 buah Wortel segar atau Ubi Jalar
2 sdm madu.

Cara membuat:
Setelah dicuci, parut dan ambil airnya dengan cara diperas kemudian tambahkan 2 sdm madu. Minum ramuan alami ini sebanyak 3 kali dalam sehari hingga sembuh.

5.      Kunyit



Kunyit bermanfaat untuk melarutkan kolesterol jahat dalam darah yang dapat menyumbat pembuluh darah.

Bahan:
Ambil kunyit seukuran 4 ruas jari.

Cara membuat:
Setelah diparut, seduh ke dalam ½ gelas air panas selama ¼ jam. Setelah disaring, tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan peluruh kolesterol jahat ini.

6.      Jus mengkudu 


Mengkudu mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab serangan jantung maupun kanker. Radikal bebas menyebabkan endapan pada pembuluh darah, sehingga menyumbatnya. Anda juga dapat mendapatkan manfaat antioksidan dari sumber makanan berupa sayuran hijau, termasuk brokoli.

7.      Mengkonsumsi Madu


Madu berkhasiat untuk menguatkan otot jantung. Madu mengandung mineral, garam, dan zat gula alami yang meningkatkan kinerja jantung.

8.      Khasiat Bawah Putih (Garlic)


Bawang putih juga merupakan obat alami penyehat jantung, hasil riset menunjukan bahwa zat kimia organik pada garlic berkhasiat melenturkan pembulu darah yang kaku sehingga peredaran darah ke seluruh organ penting menjadi lancar termasuk ke organ jantung, efek lain mengkonsumsi garlic adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), mengatasi asam urat, penurun kolesterol dll.

Menurut peneliti Dipak K. Das, PhD,ScD, seorang guru besar dan direktur di pusat penelitian kardiovaskuler di University of Connecticut School of Medicine seperti yang dilansir dari Health.com (13/11/2009), “Kedua jenis bawang putih mentah dan yang telah menjalani pemrosesan dapat menurunkan kerusakan yang ditimbulkan karena kekurangan oksigen, namun bawang putih mentah memiliki efek yang lebih besar secara signifikan dalam mempertahankan aliran darah yang baik di dalam aorta, dan dapat meningkatkan tekanan di ventrikel kiri jantung”. Lantas, banyaknya  bawang putih yang dibutuhkan untuk mencapai efek tersebut cukup satu siung sehari.

Bawang putih sangat terkenal dibandingkan dengan makanan lainnya dapat mencegah penyakit, karena kandungan organosulfur dan aktivitas antioksidan. Meskipun begitu, bawah putih mentah dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan aromanya yang khas menimbulkan bau mulut dan dapat mengganggu di kalangan sosial. Untuk tetap mendapat manfaat bawang putih mentah tanpa mengalami bau mulut. Anda dapat mencoba saran dari seorang herbalist, David Winston dan Merrily A. Kuhn, RN, PhD dengan mencincang satu siung, biarkan selama 10-15 menit ,kemudian campurkan dengan yogurt, saus apel, madu atau saus lainnya. Setelah selesai makan, Anda dapat mengunyah daun parsley atau permen karet untuk menghilangkan bau mulut.

9.      Bawang Berlian (Bawang dayak)


Bawang Berlian/Bawang Dayak merupakan tanaman langka dari borneo dengan jumlah yang tidak banyak, tapi memiliki segudang khasiat. karena itu, keberadaan bawang Berlian/Bawang Dayak dapat di perhitungkan dan di budidayakan secara potensial. penyebaran bawang Berlian/Bawang Dayak cukup merata di daratan kalimantan, baik di pedalaman hingga perbatasan menuju perkotaan .
   
Bawang Berlian/Bawang Dayak akan tumbuh subur di daerah berpasir karena perbanyakan umbi di tanah liat akan menghambat pembesaran ubi hingga umbi tidak  tidak tumbuh dengan pesat dan maksimal umbi akan cepat membusuk jika di tanam di tanah yang mengandung banyak air dan bersifat liat. penyebabnya adalah air di dalam tanah yang tidak bisa mengalir dengan baik sehingga ubi berada dalam suasana yang basah, keadaan inilah yang memicu proses pembusukan pada umbi bawang Berlian/Bawang Dayak.

Klasifikasi Taksonomi Bawang Berlian/Bawang Dayak

Kingdom                      : Plantae (tumbuhan)
Subkingdom                 : Tracheobiota (berumbi))
Superdivisio                  : Spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisio                          : Magnoliopyta (berbunga)
Kelas                            : Liliopsida (berkeping satu atau monokotil)
Subkelas                       : Liliidae
Ordo                            : Liliales
Familia                          : Iridaceae
Genus                           : Eleutherine
Spesies                         : Eleutherine americana Merr

Bawang ini dikenal dengan banyak nama, antara lain: 1. Bawang Berlian 2. Bawang Dayak 3. Bawang Sabrang 4. Bawang Arab 5. Bawang Tiwai 6. Bawang Kapal 7. Bawang Merah Hutan 8. Bawang Hantu 9. Bawang Siyem 10. Bawang Sayup 11. Bawang Lubak

Manfaat Bawang Berlian (Bawang Dayak)
Bawang Berlian/Bawang Dayak dapat membantu penyembuhan berbagai jenis penyakit, antara lain: Amandel, Ambeien, Asam Urat, Asma, Bisul, Bronkhitis, Darah Rendah, Diabetes Melitus, Epilepsi, Gangguan Pencernaan Lambung, Gangguan Seksual, Ginjal, Gondok, Hepatitis, Hipertensi/Darah Tinggi, Insomnia, Jantung, Kanker Kelenjar Getah Bening, Kanker Paru-paru, Kanker Payudara, Kanker Rahim, Kanker Usus, Keputihan, Kista, Kolesterol, Maag, Migrain, Myom, Obat Muntah, Pelupa/Menurunnya Fungsi Ingatan, Peluruh Kemih, Pencahar, Prostat, Radang Usus, Rematik, Sakit Kuning, Sakit Perut, Sakit Pinggang, Stamina, Stroke, TBC, Vertigo, Vitalitas.
Cara Penyajian Bawang Berlian (Bawang Dayak)

 1     Bawang Berlian/Bawang Dayak Segar (Basah)
Ambil 5-7 siung bawang Berlian/Bawang Dayak segar, cuci bersih, lalu iris tipis-tipis.
Rebus irisan bawang Berlian/Bawang Dayak tersebut dengan 3 gelas air (600 mili liter). Tunggu hingga air tinggal sisa 2 gelas.
Minumlah air rebusan tersebut 2-3 kali sehari hingga habis.
Selama mengonsumsi air rebusan bawang Berlian/Bawang Dayak segar, hindarilah makanan/minuman yang mengandung: alkohol, karbonasi, lemak, penyedap/vitsin dan jenis makanan yang mengandung fermentasi semacam tempe, tape dan lainnya.

 2. Bawang Berlian/Bawang Dayak Kering (Rajangan)
Ambil dua sendok makan bawang Berlian/Bawang Dayak kering.
Cuci dengan air bersih.
Seduh dengan 200 mililiter air panas.
Tunggu beberapa saat sampai air berwarna kemerahan.
Saatnya siap dikonsumsi.

 3. Bawang Berlian/Bawang Dayak Serbuk (Ekstrak)
Ambil secukupnya pakai sendok serbuk bawang Berlian/Bawang Dayak.
Seduh dengan air hangat dalam gelas.
Aduk sampai rata dan siap konsumsi.
Kalau terlalu pahit, bisa ditambah madu. Asal madu murni. Jangan madu campuran.

Perhatian:
Lama Penyimpanan antara 2 hingga 3 bulan, asalkan disimpan di tempat yang kering dan bersih (tidak lembab).
Jika dikonsumsi 3 kali sehari, satu kilogram bawang bisa cukup untuk kebutuhan konsumsi antara 2 hingga 3 minggu.


10.  Obat sakit Jantung dari susu Kambing


Salah satu jenis obat dari hewani yang bisa kita manfaatkan untuk Obat Sakit Jantung dan pastinya dapat memberikan banyak khasiat untuk kesehatan anda adalah Susu Kambing Etawa. Mungkin selama ini banyak orang mengatakan bahwa susu kambing etawa tidak bagus untuk penderita tekanan darah tinggi dan jantung. Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan di University of Delaware Amerika Serikat oleh Profesor George F. W. Haenlein, PhD, menemukan fakta yang sebaliknya dengan apa yang selama ini dipahami oleh masyarakat awam tentang susu kambing Etawa.  Berikut rinciannya:

Susu Kambing Etawa Mengandung MCT dan Niachin Sebagai Obat Sakit Jantung

MCT (Medium Chain Triglycerides)

MCT (Medium Chain Triglycerides) – Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan lemak berantai (MCT) yang terdapat dalam susu kambing etawa sangat berpengaruh untuk membantu penyembuhan penyakit jantung atau bisa dikatakan sebagai obat sakit jantung. Ini dikarenakan MCT mengandung asam kaprilat, kaproat, laurat, dan miristat sebanyak 33%. Jumlah MCT susu kambing etawa tersebut cukup jelas lebih tinggi ketimbang susu sapi yang hanya memiliki MCT sebanyak 17% saja.  Dalam dunia kesehatan, MCT sangat ampuh dalam memerangi penumpukan lemak di pembuluh darah jantung.

MCT tidak mengandung kolesterol dan tidak menigkatkan kadar lemak darah. Sebagai lemak jenuh MCT dalam susu kambing etawa sangat stabil terhadap pengaruh oksidasi dan pemanasan tinggi, sehingga tidak akan berpotensi mengandung unsur-unsur radikal bebas maupun asam lemak Trans yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Kegunaan lainnya dari MCT (Medium Chain Triglycerides):
1.      MCT – Medium Chain Triglycerides sangat bermanfaat sebagai asupan gizi pada bayi yang baru lahir sebagai masa awal hidupnya maupun perkembangan optimal fisiknya. MCT tidak hanya memudahkan bayi menyerap lemak saja, namun juga dapat memperbaiki penyerapan vitamin, mineral, dan protein yang dapat dilarutkan oleh lemak. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa MCT yang ditambahkan pada makanan bayi mampu meningkatkan penyerapan mineral-mineral utama yang dibutuhkan seperti Kalsium, Magnesium, dan asam amino yang esensial. Bahkan MCT mampu membantu menyuplai tenaga bagi para penderita diabetes, ginjal dan paru-paru kronik.
2.   MCT – Medium Chain Triglyceride berperan juga lho… dalam penurunan berat badan. Mengapa?, pertama MCT memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan lemak hewan lain. Kedua dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lebih banyak kalori dalam tubuh. Ketiga sangat minimal dideposit dalam jaringan lemak tubuh.
3.      MCT – Medium Chain Triglyceride sebagai sumber energi. MCT menjadi pilihan yang tepat bagi siapa saja yang membutuhkan pasokan energi khusus pertumbuhan, malnutrisi, bahkan juga dapat meningkatkan performa atlit. MCT yang memiliki panjang rantai lebih rendah memberi manfaat lebih diabsorpsi oleh tubuh dan lebih cepat dimetabolisir menjadi sumber energi. Adapun, percepatan pembakaran kalori menjadi energi tersebut dikarenakan  molekul MCT dapat menembus dua lapis dinding mitikondria dalam sel secara cepat tidak perlu bantuan carnitine, tidak seperti yang terjasi pada metabolisme LCT.
4.    MCT – Medium Chain Triglyceride penangkal yang ampuh/efektif infeksi mikroba. Karena MCT memiliki kandungan hampir seluruhnya Asam Lemak Rantai Sedang (MCFA). MCFA ini sejenis dengan asam lemak yang juga terkandung dalam ASI, sebagai zat yang berperan untuk melindungi bayi yang baru dilahirkan dari infeksi mikroorganisme berbahaya. Senyawa MCFA dalam tubuh kita sebenarnya akan dihidrolisis menjadi komponen-komponen Asam Lemak Bebas dan Monogleserida yang mempunyai properti anti mikroba seperti virus, bakteri, dan jamur.
5.    MCT – Medium Chain Triglyceride mempunyai khasiat lain untuk menagkal atau mengurangi resiko terjadinya penebalan atau pengerasan pembuluh darah arteri. Diantaranya adalah sebagai berikut:
o    Menurunkan kadar serum kolesterol dalam liver dan jaringan lain,
o    Berperan sebagai antioksidan,
o    Bermanfaat bagi orang yang sedang dalam penyembuhan dari penyakit stroke,
o    Memiliki anti penggumpalan darah (Koagulasi),
o    Memiliki sangat sedikit pengaruh terhadap penurunan kadar gula darah, juga bermanfaat untuk para penderita diabetes.

Vitamin B3 (Niachin)
B3 (Niacin) – Kandungan niacin pada susu kambing Etawa mencapai 0.676 mg ini juga lebih banyak daripada niacin susu sapi yang hanya memiliki 0,261 mg.  Manfaat vitamin B3 atau niacin bagi kesehatan adalah mempertahankan sirkulasi darah yang baik, menjaga fungsi normal otak seperti meningkatkan daya ingat serta membantu saluran pencernaan untuk menyerap karbohidrat, protein, dan lemak. Pengambilan Niacin dalam jumlah 1100 mg atau lebih dalam sehari, telah terbukti sangat mengurangi kadar kolesterol buruk (DLD), dan meningkatkan kolesterol baik HDL, yang mencegah penebalan plak dinding arteri dan kondisi seperti aterosklerosis.

Sekitar tahun 1956, sebenarnya niachin sudah mulai digunakan pertama kali untuk menurunkan kadar kolesterol bahkan juga bisa untuk mencegah serangan jantung atau sebagai obat sakit jantung pada waktu itu (wikipedia). Selain itu juga seperti yang dikutip dari Micronutrient Information Center Linus Pauling Institude Oregon State University, niacin diperlukan tubuh untuk membentuk koenzim nicotinamide adenine dinucleotide (NAD) yang berperan mendegradasi karbohidrat, protein, lemak, dan menjadikan alkohol menjadi energi.

Jadi jika ada orang yang bertanya-tanya tentang apakah susu kambing Etawa berkhasiat sebagai obat sakit jantung? Apakah susu kambing Etawa dapat menyehatkan jantung? Apakah susu kambing Etawa aman untuk dikonsumsi? Maka jawabannya adalah iya, namun dengan pengonsumsian yang wajar. Itulah rincian mengenai  khasiat susu kambing untuk obat sakit jantung.


Dan dari berbagai uraian mengenai ramuan obat tradisional diatas, hal yang perlu anda perhatikan dalam aktifitas sehari-hari adalah seyogyanya dapat menerapkan tips “Mengatasi Penyakit Jantung Secara Alami”, seperti 2 Tips dibawah ini.

Ke-2 cara ini terbukti ampun dan mudah untuk diaplikasikan; bahkan, anda tidak harus mengkonsumsi banyak obat.

1.      Cara Mengatasi Penyakit Jantung: Konsumsi Makanan Rebusan
Anda mengalami sakit tentu ada sebabnya bukan? Salah satunya adalah pola hidup. Memang banyak yang mengatakan bahwa penyakit jantung berasal dari faktor genetik, namun anda tetap bisa memutus mata rantai turunan tersebut. Lebih baik menghindari makanan yang digoreng, karena minyak mempunyai lemak jenuh yang memacu peningkatan tekanan darah dan penyumbatan pembuluh darah. Untuk meminimalisir resiko serangan jantung, anda disarankan untuk banyak konsumsi makanan yang direbus serta mengurangi konsumsi garam.

                Konsumsi makanan rebus untuk atasi penyakit jantung (Learnrawfood)

Metode ini terbukti cukup ampuh, apalagi dengan memberikan porsi lebih banyak pada sayuran hijau. Ini akan membuat kinerja jantung menjadi lebih ringan, karena kebutuhan asupan mineral dan vitamin bisa terpenuhi dengan baik. Selain itu, ada cara menyembuhkan penyakit jantung secara alami yaitu dengan mengurangi penggunaan garam. Tujuannya untuk menetralkan tekanan darah. Selain itu, tubuh menjadi lebih segar dan sehat. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan. Lebih baik pula jika buah yang dikonsumsi tidak melalui proses pengolahan sebelumnya, agar semua kandungan mineral dan vitamin bisa terserap tubuh dengan maksimal.

2.      Cara Mengatasi Penyakit Jantung dengan Olahraga Ringan
Serangan jantung biasanya terjadi pada orang yang tidak banyak bergerak. Gaya hidup seperti ini akan membuat tubuh menjadi kaku dan akhirnya asupan darah menjadi terganggu. Meskipun tidak disarankan untuk olahraga berat, anda disarankan untuk tetap aktif bergerak, bahkan di arankan untuk berolahraga, namun dalam porsi yang sedikit tapi rutin. Hal ini akan membuat tubuh berfungsi optimal. Selain itu, metabolisme, aliran darah dan sistem syaraf bisa bekerja dengan maksimal.

                              Lari pagi dapat atasi penyakit jantung (Running.competitor)

Cukup lakukan lari pagi secara rutin; tidak perlu jarak yang jauh, cukup sekitaran rumah saja. Hal sederhana ini bisa menjadi cara mengatasi penyakit jantung secara alami. Ada juga alternatif lain untuk tidak menggunakan alas kaki. Ini akan membuat syaraf di telapak kaki bisa kembali normal

Ternyata tidak sulit bukan untuk menjaga kesehatan diri anda sendiri? Penyakit jantung bukan lagi sebuah momok jika anda tahu apa yang membuatnya aktif pada tubuh. Beberapa cara mengatasi penyakit jantung di atas bisa anda aplikasikan pada saat masih sehat. Jangan menunggu sakit baru memulai gaya hidup sehat. Jika anda memperlakukan tubuh dengan baik, maka tubuh tidak akan mudah untuk terserang penyakit.

Tips untuk Jantung Sehat
Berikut ini beberapa tips mudah agar jantung nda sehat, sebagai berikut:
1.       Olahraga secara teratur.
2.       Sesuaikan asupan kalori dengan aktivitas anda
3.       Menjaga berat badan untuk menghindari obesitas.
4.       Hindari merokok.
5.       Jaga tekanan darah, kadar kolesterol, dan kadar gula darah agar selalu normal.
6.       Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh, gula, garam, dan kolesterol, perbanyak makan sayuran dan buah-buahan.
7.       Kurangi karbohidrat, karena akan diubah menjadi lemak.
8.       Hindari kegemukan, karena ini dapat memicu serangan jantung.

Dan untuk melengkapi informasi diatas, berikut ini kami sarikan juga beberapa Daftar Makanan Lezat Pemicu Sakit Jantung.

Dikarenakan kesehatan jantung harusnya dijaga sebaik mungkin agar dapat menjalankan fungsinya, maka ada berbaga cara untuk membuat jantung tetap sehat diantaranya dengan berolah-raga (seperti telah disebutkan diatas) serta menjaga pola makan. Makanan yang kita makan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh, untuk itu sangat penting untuk menjaga makanan apa saja yang baik dan buruk untuk tubuh.

Jantung sendiri ternyata memiliki pantangan makanan dimana beberapa pantangan makanan tersebut dapat membuat sel-sel jantung tersumbat dan akhirnya memicu timbulnya penyakit jantung. Ada beberapa kandungan makanan yang “tidak” baik bagi jantung karena dapat memicu tersumbatnya pembuluh darah seperti kalori dan juga lemak jenuh atau lemak jahat.


Nah, untuk itulah informasi mengenai "Makanan yang dapat memicu Sakit Jantung" ini sangat penting, berikut daftar makanannya:



Daging Merah

Tentunya hampir semua orang menyukai daging merah, dimana daging merah sendiri kaya akan kolesterol dan lemak trans yang bisa bikin jantung bekerja keras memompa darah jika pembuluh darah telah menyempit oleh timbunannya. Untuk itu, banyak dokter yang menyarankan untuk mengurangi konsumsi daging merah, apalagi bagi mereka yang sudah berumur.

Sosis

Makanan yang sangat disukai oleh anak-anak ini sebetulnya merupakan sebuah varian makanan yang berasal dari olahan daging yang telah diberi berbagai macam bumbu masak termasuk natrium dan juga lemak jenuh. Untuk itu, jika terlalu sering makan sosis, akan dapat memicu terjadinya gagal jantung dan tentunya akan berakibat buruk bagi kesehatan.

Keripik Kentang

Keripik kentang dan juga popcorn memiliki kandungan karbohidrat, lemak trans dan juga sodium yang tinggi sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan jantung.

Kentang Goreng

Makanan yang banyak dipesan di resto cepat saji sudah pasti memiliki rasa yang sangat lezat. Selain itu, kentang juga biasannya dipakai sebagai pengganti nasi sehingga cukup banyak sekali penikmatnya. Ditambah memiliki rasa yang gurih dan mudah untuk dibawa kemana-mana membuat kentang goreng juga banyak dipakai sebagai cemilan. Akan tetapi seperti daftar makanan sebelumnya, kentang goreng juga memiliki kandungan lemak jahat dan juga mengandung banyak natrium yang sangat tidak baik untuk jantung.

Makanan Kalengan

Hampir sebagian besar makanan kalengan memiliki kandungan natrium alias garam yang bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku, sehingga bisa meningkatkan tekanan darah. Untuk itu mulai sekarang kurangi atau jauhi makanan kaleng jika Anda menginginkan jantung Anda lebih sehat.

Itulah beberapa daftar makanan lezat yang bisa memicu terjadinya sakit jantung, untuk itu sebisa mungkin untuk mengurangi beberapa daftar makanan di atas agar jantung anda menjadi lebih sehat.

Setelah kita mengetahui bagaimana penyebab sakit jantung, apa obat tradisionalnya, apa jenis kegiatan yang dapat meminimalisir timbulnya sakit jantung dan apa jenis makanan yang sangat berpengaruh “tidak” baik bagi kesehatan jantung, berikut kami nukilkan 6 Pola Makan Untuk Mencegah Sakit Jantung.

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari bisa meningkatkan risiko terkena sakit jantung. Banyak masyarakat yang sudah tahu hal ini, namun sayang masyarakat seakan tak mempedulikannya.



Namun, tak ada salahnya untuk memulai dari sekarang pola makan demi jantung sehat. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan saat mengkonsumsi makanan demi menjaga jantung sehat dengan menerapkan “6 Pola Makan Untuk Mencegah Sakit Jantung”:

1.       Kontrol Porsi Makan

Gunakan piring kecil untuk membantu mengontrol porsi makan. Saat makan, berikan porsi besar pada makanan rendah kalori dan kaya nutrisi seperti buah dan sayur. Lalu, porsi kecil makanan tinggi kalori, garam dan makanan olahan.

2.       Perbanyak Konsumsi Buah Dan Sayur

Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik serta rendah kalori dan kaya serat. Selain itu di dalam kedua sumber bahan pangan ini terdapat zat-zat yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

3.       Konsumsi Biji-Bijian

Biji-bijian merupakan sumber serat dan nutrisi yang berperan mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Seperti beras merah, barley, dan gandum.

4.       Batasi Lemak Tak Sehat

Membatasi lemak jenuh dan trans penting untuk mengurangi kolesterol dan menurunkan resiko penyakit jantung. Lemak tak sehat juga bisa meningkatkan level kolesterol sehingga menyebabkan penumpukan plak di arteri.

5.       Pilih Sumber Protein Sehat

Daging tanpa lemak, ikan, produk susu rendah lemak dan telur merupakan sumber terbaik protein. Dibandingkan daging, ikan merupakan alternatif yang baik. Terlebih ikan kaya Omega-3 yang dapat menurunkan lemak darah dan trigliserida. Selain itu, buncis, kacang polong, lentil merupakan sumber protein nabati yang baik karena meengandung sedikit lemak dan kolesterol.

6.       Jangan Berlebihan Konsumsi Garam

Konsumsi garam berlebih dapat berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi yang merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Orang dewasa sebaiknya tidak mengkonsumsi garam lebih dari 2.300 mg perhari atau sekitar satu sendok teh.


Dari uraian diatas diketahui bahwa, disamping "pola” makan atau “diet” yang dianjurkan bukan sekedar diet rendah kolesterol, tetapi juga diet untuk mengendalikan tekanan darah, gula darah, atau membantu menurunkan berat badan bila kegemukan".

Para para penderita sakit jantung juga agar lebih rajin untuk mengkonsumsi makanan yang rendah lemak jenuh dan lemak trans. Selain itu, makanan yang rendah kolesterol, kaya omega-3 juga wajib dikonsumsi. Makanan kaya serat termasuk di dalamnya beta glucan, yaitu serat larut yang membantu menurunkan kolesterol juga termasuk dalam menu makanan dietnya.

Salah satu sumber “beta glucan” terbaik terdapat pada oat (merupakan serealia yang cukup penting di daerah beriklim subtropis dan sedang). Penelitian yang telah dilakukan selama bertahun-tahun menunjukan bahwa konsumsi tiga gram beta glucan setiap harinya, akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Penurunan kadar kolesterol ini akhirnya akan membantu menurunkan risiko sakit jantung.

Konsumsi “oat” ini merupakan bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol, dan tak hanya itu, “beta glucan” yang terdapat pada oat pun ternyata bisa mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini berarti konsumsi “oat” juga baik untuk para penderita diabetes.


  
Kemudian untuk mengimbangi berbagai aktivitas yang telampau sangat padat berdampak buruk bagi kualitas kesehatan tubuh anda, tentu alangkah “bijak” apabila keseimbangan asupan jenis nutrisi diatas juga dibarengi dengan berbagai asupan jenis buah-buahan yang dapat menyehatkan jantung dan menstabilkan denyut jantung. Dan berikut ini adalah daftar “Jenis Buah Buahan Yang Menyehatkan Jantung anda”, yang pastinya anda juga akan menyukainya dan kami sarankan Anda untuk rutin mengkonsumsinya:

1.      Jeruk
Buah Jeruk banyak mengandung hesperidin, vitamin C yang dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan meningkatkan fungsi endotel (dinding pembuluh darah).

2.      Anggur
Anggur terutama anggur merah dan ungun banyak mengandung flavanoid dan resvetarol yang dapat meningkatkan kesehatan sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

3.      Delima
Buah Delima kaya akan polifenol yang sangat bermanfaat untuk jantung, antara laun untuk mencegah dan menurunkan aterosklerosis (penebalan dinding arteri), mengontrol kolsterol dengan mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

4.      Apel
Apel banyak mengandung fitonutrien (fitokimia) dan pectin yang bertindak sebagai antioksidan dan berfungsi menurunkan kolesterol jahat (LDL).

5.      Kiwi
Kiwi sangat kaya dengan kandungan vitamin C yang sangat baik sebagai antioksidan dan meningkatkan elastisitas dan kekuatan pembuluh darah.

6.      Alpukat
Kandungan terbaik alpukat adalah kalium dan natrium yang dapat mengontrol ketegangan di aretri dan kolesterol.

7.      Stroberi
Stroberi kaya akan kalium, magnesium dan vitamin C yang dapat mengatur tekanan darah, bertindak sebagai antioksidan dan membantu dalam relaksasi otot arteri.

8.      Blewah
Blewah banyak mengandung beta karoten, vitamin C dan Vitamin B kompleks yang bertindak sebagai antioksidan dan antikoagulan (pengencer darah), serta mencegah atherosclerosis (pembentukan plak di dinding arteri) dan tekanan darah tinggi.

9.      Lidah Buaya
Lidah buaya banyak mengandung beta-sitosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat pembuluh vena dan arteri.

10.  Wortel
Kandungan wortel adalah beta-karoten, glutathione (GSH) yang mengurangi kadar kolesterol dan mengurangi tekanan darah sistolik.

11.  Tomat
Tomat banyak mengandung lycopene, phytonutrients (glycoside-esculeoside A), flavonoid (chalconaringenin), 9-oxo-octadecadienoic acid yang menghambat agregasi tombosit, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, serta juga bertindak sebagai antioksidan.

12.  Mentimum
Mentimun mengandung beta-karoten, mangan yang bertindak sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas.

13.  Kulit Manggis
Khasiat Kulit Manggis Untuk Pengobatan Jantung Koroner adalah dengan melebarkan pembuluh darah dan melancarkan peradaran darah sehingga mengurangi penumpukan lemak yang menjadi penyebab jantung koroner.

14.  Daun Sirsak
Daun Sirsak ini sifatnya mirip dengan komoterapi, bahkan lebih hebat dari pada itu. karena daun sirsak hanya membunuh sel-sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel-sel yang tumbuh normal. Sedangkan komoterapi masih membunuh sel sel yang masih normal.


Dan hal terakhir yang dapat kami ingatkan mengenai kesehatan jantung adalah  adanya beberapa kebiasaan yang memicu sakit jantung (penyakit kardiovaskular, berkaitan dengan pembuluh darah dan jantung menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia), sebab hingga saat ini telah banyak berbagai lapisan masyarakat (dunia) yang terjebak dalam penyakit ini.

Menurut para ilmuwan kebiasaan yang sering anda lakukan juga menjadi faktor utama penyebab penyakit ini. Maka dari itu, hindari kebiasaan buruk berikut untuk terhindar dari penyakit kardiovaskular.


1.      Menonton Televisi
Seperti yang diungkapkan Dr. Sharad Kasarle, ilmuwan Kepala & Managing Director, DSK Nutrisi dan pusat penelitian, orang yang duduk di depan televisi lebih dari empat jam, 80% mungkin meninggal. Hal ini dikarenakan alasan terkait masalah jantung dan penyakit arteri. Bahkan menurut Dr. Sharad seseorang yang sehat dan duduk lama menonton televisi atau di depan komputer juga bisa mempengaruhi gula darah dan lemak darah pada tubuh. Untuk menghindari risiko kardiovaskular, anda perlu juga menghindari duduk terlalu lama di depan televisi atau komputer.

2.      Sering Depresi
Segala bentuk stres dan depresi bisa berdampak buruk pada kesehatan jantung Anda. Penting untuk setiap orang bisa menangani emosi-emosi negatifnya agar tidak memengaruhi kesehatan jantungnya. Penelitian telah menunjukkan ada banyak manfaat tertawa, aktivitas sosial, dan berbagi masalah dengan orang. Hal itu bisa membantu anda terhindar dari rasa depresi.

3.      Mengabaikan Mendengkur
Tidak hanya menjadi gangguan kecil, mendengkur dapat menjadi tanda yang serius dari apnea tidur obstruktif. Gangguan ini ditandai dengan napas yang terganggu saat tidur dimana menyebabkan tekanan darah naik secara drastis. Biasanya orang yang gemuk lebih rentan terkena masalah ini dibandingkan orang yang kurus. Tetapi tetap saja orang kurus pun bisa terkena apnea tidur obstruktif. Apabila anda mendengkur dan sering terbangun dengan perasaan lelah, segeralah konsultasi ke dokter, karena itu merupakan faktor lain penyebab terjadinya gangguan tidur.

4.      Mengabaikan Kesehatan Gigi anda
Ada hubungan yang kuat antara penyakit gus dan penyakit jantung. Jika anda mengabaikan kesehatan gigi anda hingga mengandung banyak bakteri dan plak itu bisa menyebabkan penyakit gusi. Ada teori yang menjelaskan bahwa bakteri-bakteri tersebut bisa memicu peradangan dalam tubuh yang mana peradangan bisa memicu semua aspek aterosklerosis.

5.      Tidak Bersosialisasi Dengan Baik
Mungkin ada beberapa orang yang tidak menyukai berkumpul terlalu lama dengan orang lain atau menarik diri dari dunia sosial. Bersosialisasi memiliki dampak pada kesehatan, berkumpul dan bercanda bersama teman bisa membuat rasa rileks dan riang.

6.      Obesitas
Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan risiko utama penyakit jantung. Hindari makan secara berlebihan dan mengganti minuman manis dengan air putih. Dr. Sharad Kasarle juga menyarankan untuk mengurangi karbohidrat berkalori tinggi (seperti roti) dan tidak mengkonsumsi makanan yang berlabel rendah lemak.

7.      Tidak Makan Buah dan Sayuran
Yang paling sehat untuk jantung adalah pola makan nabati seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Bahkan banyak ilmuwan yang merekomendasikan untuk setengah dari yang Ada makan harus terdiri dari buah-buahan dan sayuran. Penelitian menemukan orang yang makan lebih dari lima porsi buah dan sayuran dalam sehari memiliki risiko sekitar 20% lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke dibandingkan dengan yang tidak makan.

8.      Mengkonsumsi Banyak Garam
Semakin banyak garam yang anda konsumsi, semakin tinggi tekanan darah anda. Seperti yang diketahui tekanan darah tinggi bisa memicu stroke, gagal ginjal, dan serangan jantung.

"Jangan konsumsi makanan kemasan. Atau jika anda harus membeli maka anda perlu membaca label untuk konten natrium yang menempel pada bagian tempat sayuran dan buah di supermarket supaya berjaga-jaga," saran Dr. Sharad.

Setiap orang haruslah menjaga asupan natrium di bawah 2.300 miligram per hari. Jika anda memiliki tekanan darah tinggi atau usia lebih dari 50 tahun, maka hanya boleh konsumsi sekitaran 1.500 miligram per hari.

Demikianlah artikel mengenai “Seputar Penyakit Jantung dan Ramuan Obat Tradisional Alami” yang dapat kami share, semoga kita semua dapat menjaga kesehatan masing-masih demi mewujudkan salah satu upaya dalam “merintis” hidup 1000 tahun (hahahaha….) dan serta dapat melestarikan berbagai “koleksi” ragam flora kekayaan Bangsa dan Tanah Air tercinta, Negara Indonesia.

Semoga lebih bermanfaat….

Salam hangat.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Seputar Penyakit Jantung dan Ramuan Obat Tradisional Rating: 5 Reviewed By: widjaja
×
Judul